Profil Madrasah:
1. Nama Madrasah : MADRASAH IBTIDAIYAH IMAMI
2. Tahun Berdiri : 1993
3. No. Statistik Madrasah : 111235070115 / 20518352
4. Akriditasi Madrasah :
Terakreditasi A
5. Alamat Lengkap Madrasah : Jl. Sultan Agung No. 23 RT/RW 05
/ 03
6. Desa/Kecamatan : Kepanjen
7. Kab/Kota : Malang
8. Provinsi : Jawa Timur
9. No. Telp : 0341-399943
10. NPWP Madrasah :
11. Nama Kepala Madrasah : H.
MOCHAMMAD FAIRUS, S.Ag
12. No. Telp/Hp :
03417070153 / 081233994542
13. Nama Yayasan :
YPI Hasyim Asy’ari
14. Alamat Yayasan : Jl Ahmad Yani Kepanjen Malang
15. No. Akta Pendirian Yayasan: 103 – Tgl. 15 Januari 1986
16. Kepemilikan Tanah :
Milik Sendiri
17. Status tanah : Wakaf
17. Luas tanah : 576 m2
18. Status
Bangunan : Milik Sendiri
19. Luas
Bangunan : 343 m2
Data siswa dalam lima tahun terakhir
Tahun Ajaran
|
Kelas 1
|
Kelas 2
|
Kelas 3
|
Kelas 4
|
Kelas 5
|
Kelas 6
|
Jumlah
|
||||||
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
Rombel
|
Siswa
|
||
2010-2011
|
2
|
55
|
2
|
59
|
2
|
45
|
1
|
32
|
1
|
34
|
1
|
29
|
254
|
2011-2012
|
2
|
51
|
2
|
63
|
2
|
45
|
2
|
32
|
1
|
32
|
1
|
27
|
250
|
2012-2013
|
2
|
57
|
2
|
51
|
2
|
63
|
2
|
45
|
2
|
32
|
1
|
32
|
280
|
2013-2014
|
2
|
68
|
2
|
51
|
2
|
55
|
1
|
59
|
1
|
45
|
1
|
32
|
310
|
2014-2015
|
2
|
85
|
2
|
67
|
2
|
50
|
2
|
55
|
1
|
55
|
1
|
44
|
356
|
2015-2016
|
2
|
105
|
2
|
85
|
2
|
67
|
2
|
50
|
2
|
55
|
1
|
61
|
423
|
VISI
TERWUJUDNYA
LULUSAN MADRASAH YANG BERIMAN, BERTAQWA,
BERILMU DAN
BERAKHLAQUL KARIMAH, SERTA
BERWAWASAN
ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
MISI
Mengacu pada visi sekolah di atas, maka misi yang akan
dilaksanakan adalah sebagai berikut :
- Menumbuh kembangkan sikap, perilaku dan amaliah keagamaan Islam di madrasah;
- Menumbuh kembangkan semangat belajar ilmu keagamaan Islam;
- Melestarikan, mengembangkan, mengamalkan ajaran Islam berfaham Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah;
- Melaksanakan bimbingan dan pembelajaran secara PAIKEMI (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan dan Islami);
- Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif dan daya saing yang sehat kepada seluruh warga madrasah, baik prestasi akdemik maupun non-akademik;
- Menciptakan lingkungan madrasah yang sehat, bersih, rindang, indah dan menyenangkan;
- Mengembangkan kecakapan hidup (life skills) dalam setiap aktifitas pendidikan;
- Mengembangkan sikap kepekaan peserta didik terhadap lingkungan; dan
TUJUAN
Mewujudkan madrasah sebagai lembaga pendidikan berciri
khas agama Islam yang mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.
1. Meningkatkan pengamalan 5 S (salam, senyum, sapa,
sopan dan santun) pada seluruh warga madrasah;
2. Meningkatkan pengamalan sholat berjama’ah
3. Meningkatkan kemahiran membaca, menulis dan menghafal
al Qur’an serta tilawatil qur’an (qiroah);
4. Meningkat nilai rata-rata UASBN secara berkelanjutan;
5. Mewujudkan duta madrasah dalam ajang berprestasi di
bidang akademik maupun non-akademik di tingkat kecamatan dan kabupaten; dan
6. Meningkatkan kepedulian warga madrasah akan kesehatan,
kebersihan, kenyamanan dan keindahan lingkungan madrasah.
7. Meningkat jumlah sarana/ prasarana serta
pemberdayaannya yang mendukung peningkatan prestasi akademik dan non-akademik;
8. Meningkatkan kualitas kinerja guru dan pegawai dalam
mendukung prestasi akademik dan non akademik peserta didik (siswa);
9. Meningkatkan kemampuan dan kemahiran peserta didik
dalam 3 (tiga) bahasa “AJI”: Arab, Jawa dan Inggris secara aktif;
10. Mewujudkan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang
sangat diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat luas;
11. Menggalang kerjasama dengan dunia usaha dalam rangka
peningkatan kesejahteraan guru dan pegawai madrasah; dan
12. Mewujudkan madrasah sebagai madrasah rujukan.
STRUKTUR
DAN MUATAN KURIKULUM
Struktur dan muatan Kurikulum MADRASAH IBTIDAIYAH IMAMI Kepanjen pada jenjang pendidikan dasar yang tertuang dalam
Standar Isi, meliputi lima kelompok mata pelajaran yaitu sebagai berikut:
1.
Kelompok
mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
2.
Kelompok
mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
3.
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
4.
Kelompok
mata pelajaran estetika.
5.
Kelompok
mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan.
Struktur
kurikulum ini meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang
pendidikan selama enam tahun yaitu mulai kelas I sampai dengan kelas VI.
Struktur kurikulum disusun berdasarkan SKL, SK dan KD mata pelajaran dengan
ketentuan sebagai berikut:
a. Kurikulum ini memuat 10 mata pelajaran, muatan lokal
dan pengembangan diri seperti tertera pada tabel struktur kurikulum.
b. Muatan lokal merupakan kegiatan kurkuler untuk
mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan cirri khas dan potensi daerah,
termasuk keungulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam
mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal telah ditentukan oleh madrasah.
c. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang
harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan
kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah.
Kegiatan pengembangan dari difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru
atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstra
kurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilkukan melalui kegiatan layanan
konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial,
belajar dan pengembangan karir peserta didik.
d. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan IPA
terpadu dan IPS terpadu.
e. Jam pelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan
sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Madrasah dimungkinkan
menambah maksimum 4 jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
f. Alokasi waktu 1 jam pembelajaran untuk kelas I dan II
adalah 35 menit, sedangkan untuk kelas III sampai dengan VI
adalah 35 menit.
g. Minggu efektif dalam 1 tahun pelajaran ( 2 semester )
adalah 34-38 minggu.
Tabel 2.2. Struktur Kurikulum MI
No
|
KOMPONEN
|
KELAS DAN ALOKASI WAKTU
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
A
|
Mata Pelajaran
|
||||||
1
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
||||||
a. Al-Al-Qur’an-Hadis
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
b. Akidah-Akhlak
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
c. Fikih
|
2
|
2
|
3
|
2
|
2
|
2
|
|
d.Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|||
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
5
|
4
|
5
|
5
|
6
|
4
|
Bahasa Arab
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
5
|
Matematika
|
6
|
6
|
5
|
6
|
6
|
6
|
6
|
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
7
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
2
|
2
|
4
|
4
|
4
|
4
|
8
|
Seni Budaya dan Ketrampilan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
9
|
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
B
|
Mulok
|
||||||
1
|
Bahasa Inggris
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
2
|
Bahasa Jawa
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3
|
ITK ( Imla’, Tahaji dan Khot )
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
4
|
TIK ( Komputer )
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
|
5
|
Aswaja/Ke-NU-an
|
1
|
1
|
1
|
|||
C
|
Pengembangan Diri
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah
|
33
|
36
|
41
|
43
|
43
|
45
|
Keterangan :
1. 1 jam pelajaran alokasi waktu 35 menit
2. Kelas I, II, dan III pendekatan tematik, alokasi waktu pertama pelajaran
35 menit
3. Kelas IV, V, dan VI pendekatan mata pelajaran
4. Madrasah memasukkan pendidikan yang berbasis
keunggulan lokal dan global, yang merupakan bagian dari mata pelajaran
yang diunggulkan dan sesuai karakteristik madarasah
MUATAN LOKAL
Muatan
Lokal yang dipilih ditetapkan berdasarkan ciri khas, potensi dan keunggulan
daerah, kebutuhan peserta didik, serta
ketersediaan lahan, sarana prasarana, dan tenaga pendidik. Sasaran pembelajaran
muatan lokal adalah pengembangan jiwa kewirausahaan dan penanaman nilai-nilai
budaya sesuai dengan lingkungan. Nilai-nilai kewirausahaan yang dikembangkan
antara lain inovasi, kreatif, berpikir kritis, eksplorasi, komunikasi, kemandirian,
dan memiliki etos kerja. Nilai-nilai budaya yang dimaksud antara lain
kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kepekaan terhadap lingkungan, dan kerja
sama, sehingga siap untuk menjawab
tantangan jamannya.
Penanaman
nilai-nilai kewirausahaan dan budaya tersebut diintegrasikan di dalam proses
pembelajaran yang dikondisikan supaya nilai-nilai tersebut dapat menjadi sikap
dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.
Muatan Lokal merupakan mata pelajaran,
sehinggga satuan pendidikan harus mengembangkan standar kompetensi (SK) dan
kompetensi dasar (KD) untuk setiap muatan lokal yang diselenggarakan.
Berdasarkan profil sekolah
seperti pada BAB I Latar Belakang maka muatan Lokal
yang diselenggarakan adalah sebagai berikut:
No.
|
Jenis Muatan Lokal
|
Kelas dan Alokasi Waktu
|
|||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
V
|
VI
|
||
1
|
Bahasa Daerah
|
1
|
1
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Bahasa Inggris
|
1
|
1
|
2
|
2
|
2
|
3
|
3
|
Aswaja/Ke-NU-an
|
1
|
1
|
1
|
1
|
||
4
|
ITK ( Imla’, Tahaji dan Khot )
|
2
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
5
|
TIK ( Komputer )
|
2
|
2
|
2
|
2
|
2
|
Jadwal Pelaksanaan Pengembangan Diri
No.
|
Kegiatan
|
Waktu Pelaksanaan
|
Sasaran
|
1
|
KEWIRAAN :
- Pramuka
- Tiwisada (UKS)
|
- Setiap Hari Jum'at
pukul 15.00 s.d 16.30
- Setiap Hari Rabu
pukul 13.45 s.d 14.30 |
Kelas IV s/d V
Kelas IV s/d V
|
2
|
KESENIAN :
- Qasidah Banjari
- Seni Kaligrafi Arab
|
- Setiap Hari Kamis
pukul 13.45 s.d 14.30
- Setiap Hari Senin
pukul 13.45 s.d 14.30 |
Kelas IV s/d V
Kelas IV s/d V
|
3
|
Pendidikan Keagamaan :
- Pembelajaran
Al Qur’an
- Fiqih Keseharian
- Fiqih Ibadah
- Bina Mental/
Pend. Akhlaq |
- Setiap Hari Selasa s/d
Jum'at
pukul 06.30 s.d 07.10
- Setiap Hari Jum'at
pukul 10.35 s.d 12.20
- Setiap Hari Senin s/d Kamis
pukul 11.10 s.d 12.10
- Setiap Hari Sabtu
pukul 06.30 s.d 07.10
|
Kelas I s/d VI
Kelas V s/d VI
Kelas II
Seluruh Siswa
|
4
|
Ilmiah
- English Speaking
|
- Setiap Hari Rabu
pukul 13.45 s.d 14.30 |
Kelas IV s/d V
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar