Sabtu, 13 April 2013

Profil Madrasah


Profil Madrasah:
1.     Nama Madrasah                  : MADRASAH IBTIDAIYAH IMAMI
2.     Tahun Berdiri                      : 1993
3.     No. Statistik Madrasah         : 111235070115 / 20518352
4.     Akriditasi Madrasah             : Terakreditasi A
5.     Alamat Lengkap Madrasah   : Jl. Sultan Agung No. 23 RT/RW 05 / 03
6.     Desa/Kecamatan                 : Kepanjen
7.     Kab/Kota                           : Malang
8.     Provinsi                             : Jawa Timur
9.     No. Telp                            : 0341-399943
10. NPWP Madrasah               :  
11. Nama Kepala Madrasah      : H. MOCHAMMAD FAIRUS, S.Ag
12. No. Telp/Hp                      : 03417070153 / 081233994542
13. Nama Yayasan                   : YPI Hasyim Asy’ari
14. Alamat Yayasan                 : Jl Ahmad Yani Kepanjen Malang
15. No. Akta Pendirian Yayasan: 103 – Tgl. 15 Januari 1986
16. Kepemilikan Tanah             : Milik Sendiri
17. Status tanah                       : Wakaf
17.  Luas tanah                             : 576 m2
18.  Status Bangunan                     : Milik Sendiri
19.  Luas Bangunan                        343  m2

Data siswa dalam lima tahun terakhir

Tahun Ajaran
Kelas 1
Kelas 2
Kelas 3
Kelas 4
Kelas 5
Kelas 6
Jumlah

Siswa
Rombel
Siswa
Rombel
Siswa
Rombel
Rombel
Siswa
Rombel
Siswa
Rombel
Siswa
2008 - 2009
2
45
1
32
1
34
1
29
1
27
1
21
188
2009 - 2010
2
59
2
45
1
32
1
34
1
29
1
27
226
2010 – 2011
2
55
2
59
2
45
1
32
1
34
1
29
254
2011 - 2012
2
51
2
55
2
59
2
45
1
32
1
34
276
2013 -2014
2
68
2
51
2
55
2
59
2
45
1
32
310



VISI
TERWUJUDNYA LULUSAN MADRASAH YANG BERIMAN, BERTAQWA,
BERILMU DAN BERAKHLAQUL KARIMAH, SERTA
BERWAWASAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

MISI
Mengacu pada visi sekolah di atas, maka misi yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :
  • Menumbuh kembangkan sikap, perilaku dan amaliah keagamaan Islam di madrasah;
  • Menumbuh kembangkan semangat belajar ilmu keagamaan Islam;
  • Melestarikan, mengembangkan, mengamalkan ajaran Islam berfaham Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah;
  • Melaksanakan bimbingan dan pembelajaran secara PAIKEMI (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan dan Islami);
  • Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif dan daya saing yang sehat kepada seluruh warga madrasah, baik prestasi akdemik maupun non-akademik;
  • Menciptakan lingkungan madrasah yang sehat, bersih, rindang, indah dan menyenangkan;
  • Mengembangkan kecakapan hidup (life skills) dalam setiap aktifitas pendidikan;
  • Mengembangkan sikap kepekaan peserta didik terhadap lingkungan; dan
 TUJUAN
Mewujudkan madrasah sebagai lembaga pendidikan berciri khas agama Islam yang mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. 
1.     Meningkatkan pengamalan 5 S (salam, senyum, sapa, sopan dan santun) pada seluruh warga madrasah;
2.     Meningkatkan pengamalan sholat berjama’ah
3.     Meningkatkan kemahiran membaca, menulis dan menghafal al Qur’an serta tilawatil qur’an (qiroah);
4.     Meningkat nilai rata-rata UASBN secara berkelanjutan;
5.     Mewujudkan duta madrasah dalam ajang berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik di tingkat kecamatan dan kabupaten; dan
6.     Meningkatkan kepedulian warga madrasah akan kesehatan, kebersihan, kenyamanan dan keindahan lingkungan madrasah.
7.     Meningkat jumlah sarana/ prasarana serta pemberdayaannya yang mendukung peningkatan prestasi akademik dan non-akademik;
8.     Meningkatkan kualitas kinerja guru dan pegawai dalam mendukung prestasi akademik dan non akademik peserta didik (siswa);
9.     Meningkatkan kemampuan dan kemahiran peserta didik dalam 3 (tiga) bahasa “AJI”: Arab, Jawa dan Inggris secara aktif;
10. Mewujudkan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang sangat diminati dan dibutuhkan oleh masyarakat luas;
11. Menggalang kerjasama dengan dunia usaha dalam rangka peningkatan kesejahteraan guru dan pegawai madrasah; dan
12. Mewujudkan madrasah sebagai madrasah rujukan.

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

Struktur dan muatan Kurikulum MADRASAH IBTIDAIYAH IMAMI Kepanjen pada jenjang pendidikan dasar yang tertuang dalam Standar Isi, meliputi lima kelompok mata pelajaran yaitu sebagai berikut:
1.        Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
2.        Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
3.        Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.
4.        Kelompok mata pelajaran estetika.
5.        Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan.
Struktur kurikulum ini meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun yaitu mulai kelas I sampai dengan kelas VI. Struktur kurikulum disusun berdasarkan SKL, SK dan KD mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut:
a.   Kurikulum ini memuat 10 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri seperti tertera pada tabel struktur kurikulum.
b.   Muatan  lokal merupakan kegiatan kurkuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan cirri khas dan potensi daerah, termasuk keungulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal telah ditentukan oleh madrasah.
c.   Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah. Kegiatan pengembangan dari difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilkukan melalui kegiatan layanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar dan pengembangan karir peserta didik.
d.   Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan IPA terpadu dan IPS terpadu.
e.      Jam pelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. Madrasah dimungkinkan menambah maksimum 4 jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
f.       Alokasi waktu 1 jam pembelajaran untuk kelas I dan II adalah 35 menit, sedangkan untuk kelas III sampai dengan VI adalah 35 menit.
g.     Minggu efektif dalam 1 tahun pelajaran ( 2 semester ) adalah 34-38 minggu.


Tabel 2.2. Struktur Kurikulum MI
No
KOMPONEN
KELAS DAN ALOKASI WAKTU
I
II
III
IV
V
VI
A
Mata Pelajaran






1
Pendidikan Agama Islam (PAI)







a. Al-Al-Qur’an-Hadis
2
2
2
2
2
2

b. Akidah-Akhlak
2
2
2
2
2
2

c. Fikih
2
2
3
2
2
2

d.Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)


2
2
2
2
2
Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
2
2
3
Bahasa Indonesia
4
5
4
5
5
6
4
Bahasa Arab
2
2
2
2
2
2
5
Matematika
6
6
5
6
6
6
6
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
2
2
4
4
4
4
7
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
2
2
4
4
4
4
8
Seni Budaya dan Ketrampilan
2
2
2
2
2
2
9
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan kesehatan
2
2
2
2
2
2
B
Mulok






1
Bahasa Inggris
1
2
2
2
2
3
2
Bahasa Jawa
2
2
2
2
2
2
3
ITK ( Imla’, Tahaji dan Khot )
2
1
1
1
1
1
4
TIK ( Komputer )

2
2
2
2
2
5
Aswaja/Ke-NU-an



1
1
1
C
Pengembangan Diri
2*)
2*)
2*)
2*)
2*)
2*)
Jumlah
33
36
41
43
43
45


Keterangan :
1.    1 jam pelajaran alokasi waktu 35 menit
2.    Kelas I, II, dan III pendekatan tematik, alokasi waktu pertama pelajaran 35 menit
3.    Kelas IV, V, dan VI pendekatan mata pelajaran
4.    Madrasah memasukkan pendidikan yang berbasis keunggulan lokal dan global, yang merupakan bagian dari mata pelajaran yang diunggulkan dan sesuai karakteristik madarasah

MUATAN LOKAL
 Muatan Lokal yang dipilih ditetapkan berdasarkan ciri khas, potensi dan keunggulan daerah, kebutuhan peserta didik, serta ketersediaan lahan, sarana prasarana, dan tenaga pendidik. Sasaran pembelajaran muatan lokal adalah pengembangan jiwa kewirausahaan dan penanaman nilai-nilai budaya sesuai dengan lingkungan. Nilai-nilai kewirausahaan yang dikembangkan antara lain inovasi, kreatif, berpikir kritis, eksplorasi, komunikasi, kemandirian, dan memiliki etos kerja. Nilai-nilai budaya yang dimaksud antara lain kejujuran, tanggung jawab, disiplin, kepekaan terhadap lingkungan, dan kerja sama, sehingga siap untuk menjawab tantangan jamannya.
Penanaman nilai-nilai kewirausahaan dan budaya tersebut diintegrasikan di dalam proses pembelajaran yang dikondisikan supaya nilai-nilai tersebut dapat menjadi sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari.
Muatan Lokal merupakan mata pelajaran, sehinggga satuan pendidikan harus mengembangkan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) untuk setiap muatan lokal yang diselenggarakan.
Berdasarkan profil sekolah seperti pada BAB I Latar Belakang maka muatan Lokal yang diselenggarakan adalah sebagai berikut:

No.
Jenis Muatan Lokal
Kelas dan Alokasi Waktu
I
II
III
IV
V
VI
1
Bahasa Daerah
1
1
2
2
2
2
2
Bahasa Inggris
1
1
2
2
2
3
3
Aswaja/Ke-NU-an


1
1
1
1
4
ITK ( Imla’, Tahaji dan Khot )
2
1
1
1
1
1
5
TIK ( Komputer )

2
2
2
2
2

   Jadwal Pelaksanaan Pengembangan Diri



No.
Kegiatan
Waktu Pelaksanaan
Sasaran
1
KEWIRAAN :
- Pramuka

- Tiwisada (UKS)

- Setiap Sabtu pada minggu 4
  Pkl. 11.00 s.d  12.20
- Setiap Sabtu pada minggu ke
  1 s/d 3 Pkl. 11.00 s.d 12.20

Kelas IV s/d V

Kelas IV s/d V
2
KESENIAN :
- Qasidah Banjari

- Seni Kaligrafi Arab

- Setiap Sabtu pada minggu
  ke 1 s/d 3 Pkl. 11.00 s.d 12.20
- Setiap Sabtu pada minggu
  ke 1 s/d 3 Pkl. 11.00 s.d 12.20

Kelas IV s/d V

Kelas IV s/d V
3
Pendidikan Keagamaan :
-   Pembelajaran 
   Al Qur’an
- Fiqih Keseharian

- Fiqih Ibadah

- Bina Menta  / Pend.        Akhlaq
- Setiap Selasa s/d Jum’at
  Pkl. 06.30 s.d  07.10

- Setiap Jum’at
  Pkl. 10.35 s.d 12.20
- Setiap Senin s/d Kamis
  Pkl. 11.10 s/d 12.10
- Setiap Sabtu 
  Pkl 11.10 s/d 12.30 

Kelas I s/d VI

Kelas V s/d VI

Kelas II

Kelas III
4
Ilmiah
- English Speaking

- Setiap Sabtu pada minggu
  ke 1 s/d 3 Pkl. 11.00 s.d 12.20

Kelas III s/d V




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar